Thursday, November 3, 2011

PASOPATI Desak Bupati Pati Lindungi Para Kepala Desa

PASOPATI Desak Bupati Pati Lindungi Para Kepala Desa


pasfmpati.com (Pati, Kota) - Para Kepala dan Perangkat Desa yang tergabung dalam Paguyuban Kepala dan Perangkat Desa se Kabupaten Pati (PASOPATI), kembali mendatangi Kantor Bupati Pati. Mereka mendesak kepada Bupati Tasiman, untuk memberikan perlindungan hukum, terhadap para Kades yang tersangkut dengan hukum.  
Seratusan Kepala Desa dan Perangkat Desa, kembali mendatangi mendatangi Pendopo Kabupaten Pati, untuk beraudensi dengan Bupati Pati Tasiman. Audensi tersebut, untuk meminta Bupati Tasiman memberikan perlindungan hukum, terhadap para bawahannya, terutama Kades dan perangkat desa, yang tersandung masalah hukum.

Ketua Paguyuban Kepala dan Perangkat Desa se Kabupaten Pati (PASOPATI) Nabiyanto saat diwawancara PAS Pati menjelaskan, perwakilan Kepala dan Perangkat Desa ingin menyampaikan beberapa kasus yang terjadi dan melibatkan para Kades maupun Perangkat Desa.

“Yang intinya tentang permohonan, perlindungan hukum dari Pemda, dimana dalam kasus ini selalu diabaikan oleh Kepala Desa maupun Perangkat Desa. Untuk itu kami mengharapkan Bupati Pati merapatkan barisan bersama Muspida plus, dengan Kepala Desa untuk menemukan langkah konkret, sehingga dalam penanganan kasus-kasus tersebut ditangani ditingkat Pemkab.”, kata Nabiyanto.

Menurut Nabiyanto, permintaan PASOPATI tersebut karena Pemkab Pati selama ini belum menyentuh sama sekali penanganan kasus-kasus yang melilit Kades maupun perangkat desa. Baik terhadap kasus yang dalam penangan pihak penyidik kepolisian maupun kejaksaan, maupun terhadap kasus yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Lah ini kami mengharapkan Pak Bupati Tasiman, minimal melindungi kami-kami ini, karena kami merupakan pimpinan yang berada pada tataran paling bawah, siapa lagi yang dimintai tolong kecuali Pemkab dan Bupati.”, pintanya.

Meski dengan rasa kecewa, ratusan Kades dan Perangkat Desa anggota PASOPATI, akhirnya bersedia diterima Kepala Kantor Satpol PP dan Asisten Tata Praja, karena Bupati Pati Tasiman menghadiri undangan Pemerintah Propinsi Jawa Tengah di Semarang.  Tapi Bupati Tasiman yang dihubungi Ketua PASOPATI mengaku, telah mendapat konfirmasi dari Bupati Pati, mereka akan diterima melalui beberapa perwakilan, dalam pekan ini.
 

No comments: