Friday, April 3, 2009

Tanpa Pemanasan, Air Sumur langsung Dapat Diminum


IPTEK
AIR merupakan kebutuhan sangat vital bagi kehidupan manusia. Jika kebutuhan air belum tercukupi, memberikan dampak yang besar terhadap kerawanan kesehatan maupun sosial. Air yang layak diminum mempunyai standar persyaratan tertentu, yakni fisis, kimiawi, bakteriologis dan syarat ini merupakan satu kesatuan.

Seumpama satu saja parameter yang tidak memenuhi syarat, air tersebut tidak layak untuk diminum. Pemakaian air minum yang tidak memenuhi standar kualitas, jelas akan menimbulkan gangguan kesehatan. Baik secara langsung dan cepat, maupun tidak langsung dan secara perlahan.Sehingga hal ini sangat patut untuk dicermati

Untuk menanggulangi masalah tersebut, salah satu alternatif adalah dengan cara mengolah air tanah atau air sumur. Sehingga didapatkan air dengan kualitas yang memenuhi syarat kesehatan.sehingga tujuan dari alternatif proses tersebut dapat dicapai

Tujuan teknologi pengolahan air ini adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Khususnya, masyarakat yang masih menggunakan air tanah atau air sumur sebagai sumber kebutuhan air bersih. Sedangkan sasarannya adalah menyebarluaskan paket teknologi pengolahan air sumur yang siap minum kepada masyarakat yang memerlukan.

Unit alat pengolahan air ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas air sumur atau air tanah. Sehingga, langsung dapat diminum tanpa proses pemanasan. Unit alat ini sangat cocok digunakan untuk keperluan asrama, pesantren serta pemukiman padat penduduk.

Adapun bahan yang digunakan untuk pengolahannya adalah pasir silika, kerikil, mangan zeolit, karbon aktif butiran (granular), dan kaporit.

Sementara spesifikasi teknis peralatan untuk kapasitas 10.000 liter/hari adalah pompa air baku, pompa dosing, tangki bahan kimia, tangki reaktor, saringan pasir cepat (sand filter), filter mangan zeolit, filter karbon aktif, filter cartridge dan sterilisator ultra violet.

Untuk mengolah air sumur menjadi air yang siap minum, proses pengolahannya adalah seperti ditunjukkan pada gambar 1. Air dari sumur dipompa dengan menggunakan pompa jet, sambil diinjeksi dengan larutan klorine atau kaporit dialirkan ke tangki reaktor. Dari tangki reaktor, air dialirkan ke saringan pasir cepat untuk menyaring oksida besi atau oksida mangan yang terbentuk di dalam tangki reaktor. Setelah disaring dengan saringan pasir, air dialirkan ke filter mangan zeolit. Filter mangan zeolit berfungsi untuk menghilangkan zat besi atau mangan yang belum sempat teroksidasi oleh khlorine atau kaporit.

Nah, dengan demikian, air sumur atau air tanah yang sudah diproses sedemikian rupa, bisa langsung diminum tanpa proses pemanasan.

No comments: