Friday, April 3, 2009

Mandailing : Kesenian Yang Hampir Punah


Mandaling adalah sebuah kesenian yang berkembang awal tahun 1960 an.Bercerita tentang keadaan di sebuah kapal yang berisi bermacam – macam penumpang.karena lamanya perjalanan di laut maka terjadilah sebuah interaksi budaya.ada belanda yang diwakili noni dan sinyo, arab dengan menampilkan tokoh bernama Ibrahim dan adam dan orang jawa keturunan bernama Adam. Perpaduan tersebut menjadi sebuah nyanyian berpantun dan diiringi musik melayu ( Musik yang popular pada masa itu ).
Dari sisi cerita mungkin kesenian mandailing sudah sangat tertinggal dari kesenian – kesenian yang lain.Namun kesenian ini oleh Pemerintah Desa Jatimulyo coba untuk dilestarikan dengan megundang para pemain yang dulu pernah terlibat yang tentutunya untuk usia yang sekarang sudah cukup tua.
Untuk pertama kalinya diundang dalam sebuah forum kesenian yang diselenggarakan Dewan Kesenian Pati untuk memperingati Gebyar Tahun Baru 2009 yang dihadiri oleh Bupati Pati
Masih sangat jauh dari kesempurnaan namun mendapat simpati yang bagus karena merupakan kesenian yang sudah hampir punah.
Semoga pihak – pihak yang merasa peduli mampu. Mampu memberikan semangat dengan apa yang telah dirintis oleh Pemerintah Desa Jatimulyo.(aan)

2 comments:

Anonymous said...

tenks udah berkunjung. komentar anda sudah saya jawab.

Sandal Jepit said...

permisi, apakah keseninan ini masih ada hingga sekarang?
jika masih, kami tertarik akan mendokumentasikan kesenian Mandaling ini,

terima kasih